
KAMPUS
TASIKMALAYA
![]() |
Nama: Mila Karmila
Kelas: 2A PGPAUD
NIM: 1506751
No. Absen: 35
SOAL UAS 2016
NAMA MATA KULIAH : MEDIA PEMBELAJARAN DAN TIK
UNTUK AUD
JENIS UJIAN : TAKE HOME
WAKTU : 12 JAM
PENGUMPULAN : Kirim ke Email (opik@upi.edu)
Maksimal Pukul 19.00
Pertanyaan
Bagian A
- Pengertian media by design ialah …….
A. Media yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran
tertentu
B.
Mencakup media yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran
C.
Media yang dibeli dari di toko dan dapat digunakan dalam pembelajaran
D.
Sama dengan media sederhana yang didisain untuk membantu guru
- Salah satu contoh media visual-diam yaitu
A. Grafik tentang perkembangan penduduk C. Program televisi pendidikan Indonesia
B. Program radio pendidikan D. Pembelajaran
melalui modul
- Jenis media di bawah ini dapat memberikan pengalaman langsung
(direct experiences) kepada siswa:
A. Realia C.
Model
B. Diorama D.
Mock-up
- Jenis alat proyeksi yang hanya bisa digunakan untuk menampilkan
gambar bergerak yaitu ……..
A. Overhead projector C.
Opaque projector
B. Slide projector D.
LCD projector
- Bentuk grafik yang bisa digunakan untuk menjelaskan hubungan dua
rangkaian data dengan sangat
teliti yaitu..
A. Grafik garis C. Grafik batang
B. Grafik lingkaran D.
Grafik perkembangan
- Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran adalah ……..
A. Media tersebut
tersedia di toko-toko dan harganya murah
B. Pemilihan media harus berdasarkan tujuan
yang jelas
C. Banyaknya jenis media yang tersedia di sekolah
D. Kemampuan guru dalam menggunakan media
- Upaya perawatan media grafis bisa dilakukan dengan cara …….
A. Digulung supaya tidak cepat rusak atau
robek
B. Bisa diberi bingkai pada bagian atas dan bawahnya
C. Dipajang sepanjang waktu di dinding-dinding sekolah
D. Dilipat, kemudian dimasukkan kedalam kotak khusus
- Apabila guru salah atau keliru dalam memilih media, maka yang
terjadi adalah
A. Tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik
B. Materi pelajaran tidak dapat dipahami siswa
C. Guru sulit mengembangkan KBM
D. Penghamburan tenaga dan biaya
- Jenis bagan yang cocok untuk menunjukkan suatu silsilah keluarga,
yaitu
A. Bagan arus C.
Bagan tabel
B. Bagan pohon D.
Bagan organisasi
- .Untuk lebih memberikan efek penekanan atau penonjolan, maka bagan
atau diagram yang dibuat
guru perlu dilengkapi dengan
A. Banyak gambar-gambar yang lucu C. Menggunakan
warna-warna yang kontras
B. Memakai hiasan yang dekoratif D. Kalimat yang cukup panjang
- Contoh penggunaan media
yang menggunakan konsep media by utilization adalah, kecuali…
A. Menggunakan kertas bekas atau kardus untuk dibuat
menjadi bentuk-bentuk geometri
B. Memanfaatkan halaman sekolah untuk mata
pelajaran Sain
C. Membeli poster dan menyajikannya di kelas
D. Mengamati struktur daun, siswa ditugaskan membawa
berbagai jenis daun
- Manakah komponen di bawah
ini yang tidak sesuai dengan konsep Gerlach dan Elly dalam
perancangan sistem pembelajaran yang memperhatikan pemilihan
media?
A. Menentukan strategi pembelajaran C. Mengalokasikan biaya
B. Mengalokasikan waktu D.
Mengalokasikan ruang
- Media OHP cocok digunakan guru, jika situasi pembelajarannya
sebagai berikut, kecuali…
A. Jumlah siswa maksimal 50 orang
B. Mengajarkan materi konseptual
C. Mengajarkan sebuah proses kerja sebuah perangkat
keras.
D. Waktu yang tersedia terbatas
- Informasi apa saja yang biasa ada pada sebuah manual book media
pembelajaran.
A. Daftar harga media C. Cara menggunakan
B. Cara mengoperasikan D.
Cara memelihara
- Apakah tugas content specialist dalam mereview media?
A. Menganalisis kesesuaian media dengan kaidah
pembelajaran
B. Menganalisis kesesuaian penggunaan bahasa
C. Menganalisis kesesuaian dengan tujuan dan
materi
D. Menganalisis media dengan biaya yang dimiliki
- .Dasar pertimbangan utama dalam pemilihan media seperti yang
dijelaskan Mc. M. Connel (1974)adalah….
A. Sesuai dengan karakteristik siswa C. Sesuai dengan
tujuan
B. Sesuai dengan alokasi waktu D.
Sesuai dengan kebiasaan guru
- .Dalam praktek pembelajaran, dari mana kita dapat mengetahui tujuan untuk disesuaikan dengan
media?
A. Pada buku ajar
B. Pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
C. Dari minat siswa
D. Dari hasil pembicaraan dengan guru lain
- Ada beberapa perilaku siswa seperti : berbicara dengan perlahan,
menanggapi perhatian fisik,menyentuh orang untuk memperoleh perhatian dari
orang lain, belajar melalui manipulasi dan praktek, dll. Dilihat dari gaya
belajar termasuk...
A. Auditif C.
Auditorial
B. Kinestetik D.
Campuran
- Media yang
lebih baru biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa. Ungkapan ini
adalah salah satu point dalam
pemilihan media model ACTION, yaitu termasuk dalam...
A. Acces C.
Technology
B. Cost D. Novelty
- Media harus memenuhi standar kualitas teknis,
diantaranya bercirikan...
A. Mudah digunakan
B. Sesuai dengan tujuan
C. Sesuai dengan karakteristik materi
D. Dari segi bahasa sesuai, gambar tajam,
suara jelas
- Dilihat dari formatnya,
prosedur pemilihan media dapat menggunakan format sebagai berikut,
kecuali…
A. Checklist C.
Flowchart
B. Matriks D. Jalur
- Format Matriks dalam
pemilihan media yang dianggap sesuai untuk pembelajaran, menekankan
pada….
A. Kesesuaian dengan kriteria C.
Sistem pengguguran alur pemilihan
B. Kemampuan sekolah untuk memilikinya D. Efisiensi dan efektivitas media
saat, terkendali dapat digunakan untuk pembelajaran
mandiri meskipun tidak memiliki umpan
balik, maka menurut Wilbur Schram (1977) pilihannya ada beberapa alternatif media diantaranya,
kecuali...
balik, maka menurut Wilbur Schram (1977) pilihannya ada beberapa alternatif media diantaranya,
kecuali...
A. Slide C.
Audio kaset
B. Film strip D.
Televisi
- Pada model assure, kita harus menentukan salah satu media yang
dianggap sesuai dengan berbagai
karakteristik yang dibutuhkan, maka termasuk pada
tahapan...
A. Analisis Learner Characteristics C. Select,
Modify or Design materials
B. State Objectives D. Utilitize Materilas
- Yang dimaksud Require Learner respose pada model ASSURE adalah...
A. Mengukur kemampuan akhir siswa
B. Mencermati daya serap siswa terhadap
pelajaran
C. Mengamati ketertarikan dan keterbacaan media
D. Daya tangkap siswa
- Tahap V dalam pemilihan
media menurut Anderson berisi tentang...
A. Menentukan karakteristik pesan yang akan disampaikan
B. Mengkaji bagaimana metode yang tepat sesuai dengan
karakteristik pesan pembelajaran
C. Menentukan media yang cocok dan sesuai dengan tujuan
dan sesuai dengan karakteristik siswa
D. Melakukan Evaluasi
- Berikut ini adalah
pertanyaan-pertanyaan yang perlu diperhatikan dalam perencanaan
media,kecuali…
A. Mengapa kita ingin membuat program media
itu?
B. Apakah pembuatan media tersebut ada kaitannya dengan
kegiatan pembelajaran tertentu untuk
mencapai tujuan tertentu pula?
C. Untuk siapakah program media tersebut kita buat?
D. Apa hubungan antara program media yang dibuat dengan
kelancaran pembelajaran?
- Pentingnya perencanaan
media diantaranya supaya tidak terjadi kesalahan konsep (miss con-cept),
maka di sinilah diperlukan tahapan….
A. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
B. Menuliskan naskah media
C. Merumuskan instrumen dan tes dan revisi
D. Perumusan butir-butir materi yang
terperinci
- Dalam kegiatan tes atau uji coba naskah, yang dilakukan
diantaranya, kecuali…
A. Menguji keterbacaan naskah
B. Menguji bahasa yang digunakan
C. Menguji kesesuaian isi naskah
D. Menguji efisiensi biaya
- Pada rumusan tujuan “Siswa dapat menyebutkan 8 pulau besar yang
ada di Indonesia dengan benar”, manakah yang dimaksud dengan degree?
A. Siswa
B. 8 pulau besar
C. Dengan benar
D. Menyebutkan
- Manakah yang tidak termasuk komponen dari Garis Besar Program
Media (GBPM)…
A. Kompetensi dasar
B. Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
C. Uraian Materi
D. Bentuk sajian
- Salah satu akibat negatif
apabila kegiatan pembuatan media tanpa disertai dengan naskah adalah…
A. Mempercepat proses produksi
B. Sulit untuk menentukan kesesuaian dengan
tujuan
C. Tidak teruji validitasnya
D. Membutuhkan waktu pembuatan yang lama
- Apa yang dapat dilakukan
dalam rangka pengumpulan informasi untuk membuat naskah?
A. Cukup dengan mengkaji literatur saja C. Observasi
B. Berdiskusi dengan pihak terkait D. Penelitian, observasi, literatur
- Istilah-istilah teknis
dalam program perencanaan media video terdapat pada…
A. Skript C.
Naskah
B. Shooting skript D.
Storyboard
- Pengambilan yang
memper-lihatkan latar secara keseluruhan dalam segala dimensi dan
perbandingannya adalah…
A. Long shot (LS) C. Close-up (CU)
B. Medium shot (MS) D.
Extreme close-up
A. Poster, Komik C. Transparansi, Slide
B. Liflet, Booklet D.
Gambar, lukisan
- Yang membedakan atara
Flipchart dengan Flipbook adalah…
A. Flipbook berukuran 50 X 75 cm
B. Flipchart berukuran 21 X 28 cm
C. Flipbook cocok digunakan untuk siswa 4-5
orang
D. Flipchart digunakan untuk 4-5 orang
- Berikut ini beberapa jenis Flipchart, kecuali…
A. Berbentuk seperti kalender
B. Berupa lembaran-lembaran kertas kosong, siap diisi
C. Berisi gambar, foto dan tulisan
D. Berbentuk whiteboard
- .Media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran
25X30 cm adalah pengertian dari
A. Flipchart C.
Flanelgraf
B. Bulletinboard D. Flashcar
dilapisi perekat, dengan 50X75 cm adalah media…
A. Flipchart C. Flanelgraf
B. Bulletinboard D.
Flashcard
- Bagaimana sebaiknya
mengatur siswa yang tepat jika menggunakan media planelgraf?
A. Dibentuk setengah lingkaran C.
Melingkar
B. Berbanjar ke belakang D.
Berurutan sesuai tempat duduk
- Salah satu kelebihan dari program presentasi powerpoint adalah…
A. Dapat mengolah data angka C. Menyajikan data
multimedia
B. Membuat dokumen surat D. Lebih interaktif
- Ketika kita menentukan kompetensi, sub kompetensi, sasaran dan
waktu pada media powerpoint
yang akan dibuat pada tahap…
A. Identifikasi program C.
Pembuatan naskah
B. Pengumpulan bahan D.
Pembuatan outline
- .Di bawah ini beberapa istilah dalam memulai membuat presentasi
awal menggunakan PowerPoint,
kecuali…
A. Blank Presentation C.
From Design Template
B. From Outline D. From Exiting
Presentation
- Supaya presentasi lebih menarik, pada PowerPoint objek dapat
dibuat digerakan, yaitu dengan
menggunakan icon….
A. Slide transition C.
Action settings
B. Custom animation D.
Set Up Show
- Rehearse Timings, berfungsi
pada Powerpoint untuk…
A. Untuk mengatur waktu perpindahan antar
slide
B. Fasilitas untuk membuat buttons untuk hyper link
C. Memberikan animasi pada object baik teks atau gambar
D. Untuk mengatur transisi / animasi perpindahan
diantara slide
- .Berdasarkan tempatnya media dapat digunakan di…
A. Kelas dan di luar kelas C. Ruangan dan di
luar ruangan
B. Sekolah dan luar sekolah D. Nyata dan maya
- Salah satu karakteristik media yang digunakan dalam situasi kelas
adalah…
A. Menunjang tercapainya tujuan tertentu dan
penggunaannya dipadukan dengan proses belajar
mengajar
B. Sesuai dengan minat siswa
C. Digunakan secara bebas
D. Disesuaikan dengan kemampuan guru untuk menggunakan
media tersebut
- Manakah contoh berikut yang tidak mengambarkan penggunaan media
secara tidak terprogram!
A. Siswa menyimak percakapan bahasa Inggris di TVRI
B. Si Andi belajar Fisika dari CD yang dibelinya di toko
buku
C. Siswa merangkum isi dialog dari kaset yang ditugaskan
guru
D. Siswa mencari informasi di internet
A. Membantu mempermudah tugas guru
B. Digunakan dalam kegiatan yang diatur secara
sistematik untuk mencapai tujuan
C. Mempermudah pencapai hasil belajar siswa
D. Siswa tidak harus memiliki sendiri
- Blended laerning adalah pembelajaran yang bersifat…
A. Pencampuran antara bahan cetak dengan elektronik
B. Penggabungan beberapa media
C. Menggunakan e-learning
D. Gabungan media konvensional dan modern
- Materi tentang Bagaimana proses terjadinya hujan yang digambarkan
dalam bentuk siklus hujan,
sebaiknya menggunakan media grafis jenis…
A. Grafik C.
Diagram
B. Bagan D. Poster
- Materi tentang “proses penyulingan air mineral” lebih cocok
menggunakan jenis media…
A. Bagan tabel C.
Bagan alir
B. Bagan arus D.
Bagan pohon
- Di bawah ini terdapat beberapa jenis media grafik, kecuali…
A. Grafik garis C.
Grafik lingkaran
B. Grafik lurus D. Grafikbatang
- Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai untuk
menggambarkan poster untuk pembelajaran
A. Digunakan untuk memotivasi siswa untuk melakukan hal
yang postitif
B. Berisi tentang larangan dan peringatan
C. Bertujuan untuk profokasi
D. Bersifat propaganda
- Sajian foto
yang cocok untuk pembelajaran, sebaiknya didesain dengan menmperhatikan
hal-hal berikut, kecuali…
A. Mengutamakan kesederhanaan C.
Direkayasa dengan seni tinggi
B. Terdapat focus of interest D. Mengutamakan
keaslian
- Manakah pernyataan di bawah ini yang berupakan kelebihan dari OHP
A. Mudah dalam pembuatannya
B. Biaya pembuatannya sangat murah
C. Saat penyajian guru tetap dapat mengontrol
siswa
D. Setiap guru pasti biasa menggunakannya
- Bagaimana sebaiknya pesan pembelajaran dituangkan ke dalam OHP?
A. Ringkasan materinya saja C.
Langsung di copy dari buku teks
B. Uraian materi lengkap D.
Dibuat uraian deskriptif
- Untuk memfokuskan pada apa yang sedang diterangkan melalui OHP,
mana yang tidak tepat
dilakukan guru dalam menujuk OHT?
A. Menggunakan alat penujuk seperti pinsil C. Menggunakan penutup OHT
B. Menggunakan pen laser D.
Menggunakan tangan langsung
- Penggunaan media audio terutama siaran radio harus tetap
memperhatikan hasil belajar siswa
untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran, maka
sebaiknya…
A. Tes hasil belajar disiarakan juga melalui radio
B. Guru harus hadir saat siswa mendengarkan radio
C. Diintegrasikan dengan bahan cetak seperti
modul
D. Segera diberikan tes setelah saiaran radio
Pertanyaan Bagian B
1.
Media pembelajaran terbagi menjadi 3 jenis: Audio, Visual
dan Audio Visual. Tugas Anda adalah rancanglah masing-masing jenis media diatas
dengan merujuk pada tema dalam kurikulum 2013.
SELAMAT
BEKERJA
RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL
TEMA “NEGARAKU”
Guru membagikan lembaran-lembaran kertas yang berisi gambar di bawah ini.
Setelah itu, anak pasti bertanya tentang gambar tersebut. Maka guru barulah menyampaikan
ataupun menjelaskan gambaran umum tentang yang berhubungan dengan negaraku itu mulai
dari nama negara Indonesia, presiden dan wakil presiden, lambang negara,
bendera, sampai dengan salah satu pahlawan nasional. Tidak lupa juga guru
menyampaikan maksud dari anak panah - anak panah yang ada di sana apabila di
dapat anak belum juga dapat memahami maksud dari gambar tersebut.
NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
![]() |




![]() |
|||
![]() |


![]() |


Tidak ada komentar:
Posting Komentar