Sabtu, 29 April 2017

Media Pembelajaran dan TIK Anak Usia Dini

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS TASIKMALAYA
 


Nama: Mila Karmila
Kelas: 2A PGPAUD
NIM: 1506751
No. Absen: 35
SOAL UAS 2016

NAMA MATA KULIAH    : MEDIA PEMBELAJARAN DAN TIK UNTUK AUD
JENIS UJIAN                                   : TAKE HOME
WAKTU                                : 12 JAM
PENGUMPULAN                : Kirim ke Email (opik@upi.edu) Maksimal Pukul 19.00

Pertanyaan Bagian A
  1. Pengertian media by design ialah …….
A. Media yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu
B. Mencakup media yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran
C. Media yang dibeli dari di toko dan dapat digunakan dalam pembelajaran
D. Sama dengan media sederhana yang didisain untuk membantu guru
  1. Salah satu contoh media visual-diam yaitu 
A. Grafik tentang perkembangan penduduk   C. Program televisi pendidikan Indonesia
B. Program radio pendidikan                                             D. Pembelajaran melalui modul
  1. Jenis media di bawah ini dapat memberikan pengalaman langsung (direct experiences) kepada siswa:
A. Realia                                                                                 C. Model
B. Diorama                                                                            D. Mock-up
  1. Jenis alat proyeksi yang hanya bisa digunakan untuk menampilkan gambar bergerak yaitu ……..
A. Overhead projector                                                         C. Opaque projector
B. Slide projector                                                                  D. LCD projector
  1. Bentuk grafik yang bisa digunakan untuk menjelaskan hubungan dua rangkaian data dengan sangat teliti yaitu..
A. Grafik garis                                                                       C. Grafik batang
B. Grafik lingkaran                                                               D. Grafik perkembangan
  1. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran adalah ……..
A. Media tersebut tersedia di toko-toko dan harganya murah
B. Pemilihan media harus berdasarkan tujuan yang jelas
C. Banyaknya jenis media yang tersedia di sekolah
D. Kemampuan guru dalam menggunakan media
  1. Upaya perawatan media grafis bisa dilakukan dengan cara …….
A. Digulung supaya tidak cepat rusak atau robek
B. Bisa diberi bingkai pada bagian atas dan bawahnya
C. Dipajang sepanjang waktu di dinding-dinding sekolah
D. Dilipat, kemudian dimasukkan kedalam kotak khusus

  1. Apabila guru salah atau keliru dalam memilih media, maka yang terjadi adalah  
A. Tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik
B. Materi pelajaran tidak dapat dipahami siswa
C. Guru sulit mengembangkan KBM
D. Penghamburan tenaga dan biaya
  1. Jenis bagan yang cocok untuk menunjukkan suatu silsilah keluarga, yaitu            
A. Bagan arus                                                                        C. Bagan tabel
B. Bagan pohon                                                                    D. Bagan organisasi
  1. .Untuk lebih memberikan efek penekanan atau penonjolan, maka bagan atau diagram yang dibuat
guru perlu dilengkapi dengan                                            
A. Banyak gambar-gambar yang lucu                             C. Menggunakan warna-warna yang kontras
B. Memakai hiasan yang dekoratif                                   D. Kalimat yang cukup panjang
  1.  Contoh penggunaan media yang menggunakan konsep media by utilization adalah, kecuali…
A. Menggunakan kertas bekas atau kardus untuk dibuat menjadi bentuk-bentuk geometri
B. Memanfaatkan halaman sekolah untuk mata pelajaran Sain
C. Membeli poster dan menyajikannya di kelas
D. Mengamati struktur daun, siswa ditugaskan membawa berbagai jenis daun
  1.  Manakah komponen di bawah ini yang tidak sesuai dengan konsep Gerlach dan Elly dalam
perancangan sistem pembelajaran yang memperhatikan pemilihan media?
A. Menentukan strategi pembelajaran                              C. Mengalokasikan biaya
B. Mengalokasikan waktu                                                  D. Mengalokasikan ruang
  1. Media OHP cocok digunakan guru, jika situasi pembelajarannya sebagai berikut, kecuali…
A. Jumlah siswa maksimal 50 orang
B. Mengajarkan materi konseptual
C. Mengajarkan sebuah proses kerja sebuah perangkat keras.
D. Waktu yang tersedia terbatas
  1. Informasi apa saja yang biasa ada pada sebuah manual book media pembelajaran.
A. Daftar harga media                                                         C. Cara menggunakan
B. Cara mengoperasikan                                                     D. Cara memelihara
  1. Apakah tugas content specialist dalam mereview media?
A. Menganalisis kesesuaian media dengan kaidah pembelajaran
B. Menganalisis kesesuaian penggunaan bahasa
C. Menganalisis kesesuaian dengan tujuan dan materi
D. Menganalisis media dengan biaya yang dimiliki
  1. .Dasar pertimbangan utama dalam pemilihan media seperti yang dijelaskan Mc. M. Connel (1974)adalah….
A. Sesuai dengan karakteristik siswa                                C. Sesuai dengan tujuan
B. Sesuai dengan alokasi waktu                                        D. Sesuai dengan kebiasaan guru
  1. .Dalam praktek pembelajaran, dari mana kita dapat mengetahui  tujuan untuk disesuaikan dengan
media?
A. Pada buku ajar
B. Pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
C. Dari minat siswa
D. Dari hasil pembicaraan dengan guru lain
  1. Ada beberapa perilaku siswa seperti : berbicara dengan perlahan, menanggapi perhatian fisik,menyentuh orang untuk memperoleh perhatian dari orang lain, belajar melalui manipulasi dan praktek, dll. Dilihat dari gaya belajar termasuk...
A. Auditif                                                                              C. Auditorial
B. Kinestetik                                                                          D. Campuran
  1.  Media yang lebih baru biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa. Ungkapan ini adalah  salah satu point dalam pemilihan media model ACTION, yaitu termasuk dalam...
A. Acces                                                                                 C. Technology
B. Cost                                                                                    D. Novelty
  1.  Media  harus memenuhi standar kualitas teknis, diantaranya bercirikan...
A. Mudah digunakan
B. Sesuai dengan tujuan
C. Sesuai dengan karakteristik materi
D. Dari segi bahasa sesuai, gambar tajam, suara jelas
  1.  Dilihat dari formatnya, prosedur pemilihan media dapat menggunakan format sebagai berikut, kecuali…
A. Checklist                                                                           C. Flowchart
B. Matriks                                                                              D. Jalur
  1.  Format Matriks dalam pemilihan media yang dianggap sesuai untuk pembelajaran, menekankan
pada….
A. Kesesuaian dengan kriteria                                           C. Sistem pengguguran alur pemilihan
B. Kemampuan sekolah untuk memilikinya   D. Efisiensi dan  efektivitas media
  1.  Jika Anda ingin memiliki media yang praktis, dapat digunakan di rumah, dapat digunakan setiap
saat, terkendali dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri meskipun tidak memiliki umpan
balik, maka menurut Wilbur Schram (1977)  pilihannya ada beberapa alternatif media diantaranya,
kecuali...
A. Slide                                                                                   C. Audio kaset
B. Film strip                                                                           D. Televisi
  1. Pada model assure, kita harus menentukan salah satu media yang dianggap sesuai dengan berbagai
karakteristik yang dibutuhkan, maka termasuk pada tahapan...
A. Analisis Learner Characteristics                                   C. Select, Modify or Design materials
B. State Objectives                                                               D. Utilitize Materilas
  1. Yang dimaksud Require Learner respose pada model ASSURE adalah...
A. Mengukur kemampuan akhir siswa
B. Mencermati daya serap siswa terhadap pelajaran
C. Mengamati ketertarikan dan keterbacaan media
D. Daya tangkap siswa
  1.  Tahap V dalam pemilihan media menurut Anderson berisi tentang...
A. Menentukan karakteristik pesan yang akan disampaikan
B. Mengkaji bagaimana metode yang tepat sesuai dengan karakteristik pesan pembelajaran
C. Menentukan media yang cocok dan sesuai dengan tujuan dan sesuai dengan karakteristik  siswa
D. Melakukan Evaluasi
  1.  Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu diperhatikan dalam perencanaan media,kecuali…
A. Mengapa kita ingin membuat program media itu?
B. Apakah pembuatan media tersebut ada kaitannya dengan kegiatan pembelajaran tertentu  untuk mencapai tujuan tertentu pula?
C. Untuk siapakah program media tersebut kita buat?
D. Apa hubungan antara program media yang dibuat dengan kelancaran pembelajaran?
  1.  Pentingnya perencanaan media diantaranya supaya tidak terjadi kesalahan konsep (miss con-cept), maka di sinilah diperlukan tahapan….
A. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
B. Menuliskan naskah media
C. Merumuskan instrumen dan tes dan revisi
D. Perumusan butir-butir materi yang terperinci
  1. Dalam kegiatan tes atau uji coba naskah, yang dilakukan diantaranya, kecuali…
A. Menguji keterbacaan naskah
B. Menguji bahasa yang digunakan
C. Menguji kesesuaian isi naskah
D. Menguji efisiensi biaya
  1. Pada rumusan tujuan “Siswa dapat menyebutkan 8 pulau besar yang ada di Indonesia dengan benar”, manakah yang dimaksud dengan degree?
A. Siswa
B. 8 pulau besar
C. Dengan benar
D. Menyebutkan
  1. Manakah yang tidak termasuk komponen dari Garis Besar Program Media (GBPM)…
A. Kompetensi dasar
B. Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
C. Uraian Materi
D. Bentuk sajian
  1.  Salah satu akibat negatif apabila kegiatan pembuatan media tanpa disertai dengan naskah adalah…
A. Mempercepat proses produksi
B. Sulit untuk menentukan kesesuaian dengan tujuan
C. Tidak teruji validitasnya
D. Membutuhkan waktu pembuatan yang lama
  1.  Apa yang dapat dilakukan dalam rangka pengumpulan informasi untuk membuat naskah?
A. Cukup dengan mengkaji literatur saja                         C. Observasi
B. Berdiskusi dengan pihak terkait                                   D. Penelitian, observasi, literatur
  1.  Istilah-istilah teknis dalam program perencanaan media video terdapat pada…
A. Skript                                                                                 C. Naskah
B. Shooting skript                                                                 D. Storyboard
  1.  Pengambilan yang memper-lihatkan latar secara keseluruhan dalam segala dimensi dan
perbandingannya adalah…
A. Long shot (LS)                                                                C. Close-up (CU)
B. Medium shot (MS)                                                         D. Extreme close-up
  1.  Manakah jenis media di bawah ini yang tidak termasuk kategori jenis media grafis…
A. Poster, Komik                                                                  C. Transparansi, Slide
B. Liflet, Booklet                                                                  D. Gambar, lukisan
  1.  Yang membedakan atara Flipchart dengan Flipbook adalah…
A. Flipbook berukuran 50 X 75 cm
B. Flipchart berukuran 21 X 28 cm
C. Flipbook cocok digunakan untuk siswa 4-5 orang
D. Flipchart digunakan untuk 4-5 orang
  1. Berikut ini beberapa jenis Flipchart, kecuali…
A. Berbentuk seperti kalender
B. Berupa lembaran-lembaran kertas kosong, siap  diisi
C. Berisi gambar, foto dan tulisan
D. Berbentuk whiteboard
  1. .Media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25X30 cm adalah pengertian dari
A. Flipchart                                                                            C. Flanelgraf
B. Bulletinboard                                                                   D. Flashcar
  1.  Media pembelajaran yang berupa guntingan-guntingan gambar yang pada bagian belakangnya
dilapisi perekat, dengan 50X75 cm adalah media…
A. Flipchart                                                                            C. Flanelgraf
B. Bulletinboard                                                                   D. Flashcard
  1.  Bagaimana sebaiknya mengatur siswa yang tepat jika menggunakan media planelgraf?
A. Dibentuk setengah lingkaran                                        C. Melingkar
B. Berbanjar ke belakang                                                    D. Berurutan sesuai tempat duduk
  1. Salah satu kelebihan dari program presentasi powerpoint adalah…
A. Dapat mengolah data angka                                         C. Menyajikan data multimedia
B. Membuat dokumen surat                                              D. Lebih interaktif
  1. Ketika kita menentukan kompetensi, sub kompetensi, sasaran dan waktu pada media powerpoint
yang akan dibuat pada tahap…
A. Identifikasi program                                                       C. Pembuatan naskah
B. Pengumpulan bahan                                                       D. Pembuatan outline
  1. .Di bawah ini beberapa istilah dalam memulai membuat presentasi awal menggunakan PowerPoint,
kecuali…
A. Blank Presentation                                                          C. From Design Template
B. From Outline                                                                    D. From Exiting  Presentation
  1. Supaya presentasi lebih menarik, pada PowerPoint objek dapat dibuat digerakan, yaitu dengan
menggunakan icon….
A. Slide transition                                                                 C. Action settings
B. Custom animation                                                           D. Set Up Show
  1.  Rehearse Timings, berfungsi pada Powerpoint untuk…
A. Untuk mengatur waktu perpindahan antar slide
B. Fasilitas untuk membuat buttons untuk hyper link
C. Memberikan animasi pada object baik teks atau gambar
D. Untuk mengatur transisi / animasi perpindahan diantara slide
  1. .Berdasarkan tempatnya media dapat digunakan di…
A. Kelas dan di luar kelas                                                   C. Ruangan dan di luar ruangan
B. Sekolah dan luar sekolah                                               D. Nyata dan maya
  1. Salah satu karakteristik media yang digunakan dalam situasi kelas adalah…
A. Menunjang tercapainya tujuan tertentu dan penggunaannya dipadukan dengan proses belajar
mengajar
B. Sesuai dengan minat siswa
C. Digunakan secara bebas
D. Disesuaikan dengan kemampuan guru untuk menggunakan media tersebut
  1. Manakah contoh berikut yang tidak mengambarkan penggunaan media secara tidak terprogram!
A. Siswa menyimak percakapan bahasa Inggris di TVRI
B. Si Andi belajar Fisika dari CD yang dibelinya di toko buku
C. Siswa merangkum isi dialog dari kaset yang ditugaskan guru
D. Siswa mencari informasi di internet                                                                                        
  1. Manfaat media yang terkontrol adalah…
A. Membantu mempermudah tugas guru
B. Digunakan dalam kegiatan yang diatur secara sistematik untuk mencapai tujuan
C. Mempermudah pencapai hasil belajar siswa
D. Siswa tidak harus memiliki sendiri
  1. Blended laerning adalah pembelajaran yang bersifat…
A. Pencampuran antara bahan cetak dengan elektronik
B. Penggabungan beberapa media
C. Menggunakan e-learning
D. Gabungan media konvensional dan modern
  1. Materi tentang Bagaimana proses terjadinya hujan yang digambarkan dalam bentuk siklus hujan,
sebaiknya menggunakan media grafis jenis…
A. Grafik                                                                                C. Diagram
B. Bagan                                                                                D. Poster
  1. Materi tentang “proses penyulingan air mineral” lebih cocok menggunakan jenis media…
A. Bagan tabel                                                                      C. Bagan alir
B. Bagan arus                                                                        D. Bagan pohon
  1. Di bawah ini terdapat beberapa jenis media grafik, kecuali…
A. Grafik garis                                                                       C. Grafik lingkaran
B. Grafik lurus                                                                       D. Grafikbatang
  1. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai untuk menggambarkan poster untuk pembelajaran
A. Digunakan untuk memotivasi siswa untuk melakukan hal yang postitif
B. Berisi tentang larangan dan peringatan
C. Bertujuan untuk profokasi
D. Bersifat propaganda
  1.  Sajian foto yang cocok untuk pembelajaran, sebaiknya didesain dengan menmperhatikan hal-hal berikut, kecuali…
A. Mengutamakan kesederhanaan                                   C. Direkayasa dengan seni tinggi
B. Terdapat focus of interest                                              D. Mengutamakan keaslian
  1. Manakah pernyataan di bawah ini yang berupakan kelebihan dari OHP
A. Mudah dalam pembuatannya
B. Biaya pembuatannya sangat murah
C. Saat penyajian guru tetap dapat mengontrol siswa
D. Setiap guru pasti biasa menggunakannya
  1. Bagaimana sebaiknya pesan pembelajaran dituangkan ke dalam OHP?
A. Ringkasan materinya saja                                              C. Langsung di copy dari buku teks
B. Uraian materi lengkap                                                    D. Dibuat uraian deskriptif
  1. Untuk memfokuskan pada apa yang sedang diterangkan melalui OHP, mana yang tidak tepat
dilakukan guru dalam menujuk OHT?
A. Menggunakan alat penujuk seperti pinsil                   C. Menggunakan penutup OHT
B. Menggunakan pen laser                                                 D. Menggunakan tangan langsung
  1. Penggunaan media audio terutama siaran radio harus tetap memperhatikan hasil belajar siswa
untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran, maka sebaiknya…
A. Tes hasil belajar disiarakan juga melalui radio
B. Guru harus hadir saat siswa mendengarkan radio
C. Diintegrasikan dengan bahan cetak seperti modul
D. Segera diberikan tes setelah saiaran radio


Pertanyaan Bagian B
1.              Media pembelajaran terbagi menjadi 3 jenis: Audio, Visual dan Audio Visual. Tugas Anda adalah rancanglah masing-masing jenis media diatas dengan merujuk pada tema dalam kurikulum 2013.

SELAMAT BEKERJA







RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TEMA “NEGARAKU”
Guru membagikan lembaran-lembaran kertas yang berisi gambar di bawah ini. Setelah itu, anak pasti bertanya tentang gambar tersebut. Maka guru barulah menyampaikan ataupun menjelaskan gambaran umum tentang yang berhubungan dengan negaraku itu mulai dari nama negara Indonesia, presiden dan wakil presiden, lambang negara, bendera, sampai dengan salah satu pahlawan nasional. Tidak lupa juga guru menyampaikan maksud dari anak panah - anak panah yang ada di sana apabila di dapat anak belum juga dapat memahami maksud dari gambar tersebut.
NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Rounded Rectangle: LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA



                                                         
                                                                                                                




Oval: PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
Regular Pentagon: R.A. KARTINI













                                                                                                                                                                                               
 




Text Box: BENDERA MERAH PUTIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Pembelajaran dan TIK Anak Usia Dini

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS TASIKMALAYA   Nama: Mila Karmila Kelas: 2A PGPAUD NIM: 1506751 ...